Kunjungan BPS Babel Tentang Peran Podes Untuk Satu Data Indonesia

24 Juni 2022 — BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Bapak Bambang Sri Yuwoo, S.Si, M.Si mengadakan kunjungan ke Diskominfo Belitung Timur dalam rangka pembinaan statistik sektoral dan penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) di Diskominfo Belitung Timur

Beberapa poin hasil pembinaan antara lain:

Dalam rangka pecepatan penyelenggaraan SDI di Kabupaten/Kota, sebaiknya pengumpulan data statistik sektoral dilakukan dengan pendekatan lokus di level desa. Estimasi sampai ke tingkat desa memungkinkan data yang dikumpulkan menjadi lebih faktual dan valid. Sebagai insiasi awal, bisa dilakukan melalui pemanfaatan data podes yang dintegrasikan dengan website resmi pemerintah desa. Manfaatnya kemudian perencanaan daerah bisa lebih fokus dan berbasis spasial.

Pemerintah daerah melalui unit penyelenggara urusan statistik dalam kapasitasnya sebagai walidata di tingkat daerah diharapkan juga berperan aktif membantu pembina data tingkat daerah dalam melakukan pembinaan terhadap produsen data untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai unit kerja yang memproduksi data sesuai dengan kewenangan urusannya masing-masing.

Peran aktif pemerintah daerah melalui unit penyelenggara urusan statistik juga diharapkan melakukan pembinaan kepada OPD selaku produsen terkait dengan permohonan rekomendasi kegiatan statistik di tingkat daerah melalui pemanfaatan aplikasi romantik BPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

©  2021-2023.  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Timur. All Rights Reserved.