Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Perizinan pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan Kabupaten Belitung TImur
Tahun Kegiatan :

2022

Instansi
Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Perdagangan Kab. Belitung Timur
Unit kerja
Bidang Pelayanan Perizinan
Sektor Kegiatan
Sektor Publik, Perpajakan, dan Regulasi Pasar
Metadata
Judul Kegiatan :
Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Perizinan pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan Kabupaten Belitung TImur
Tahun
2022
Kode Kegiatan (diisi oleh petugas) :
V-22.1906.019
Cara Pengumpulan Data :
1. Pencacahan Lengkap
2. Survei
3. Kompilasi Produk Administrasi
4. Cara lain sesuai dengan perkembangan TI
2
Sektor Pengumpulan Data :
1. Pertanian dan Perikanan
2. Demografi dan Kependudukan
3. Pembangunan
4. Proyeksi Ekonomi
5. Pendidikan dan Pelatihan
6. Lingkungan
7. Keuangan
8. Globalisasi
9. Kesehatan
10. Industri dan Jasa
11. Teknologi Informasi dan Komunikasi
12. Perdagangan Internasional dan Neraca Perdagangan
13. Ketenagakerjaan
14. Neraca Nasional
15. Indikator Ekonomi Bulanan
16. Produktivitas
17. Harga dan Paritas Daya Beli
18. Sektor Publik, Perpajakan, dan Regulasi Pasar
19. Perwilayahan dan Perkotaan
20. Ilmu Pengetahuan dan Hak Paten
21. Perlindungan Sosial dan Kesejahteraan
22. Transportasi
18
Jenis Kegiatan Statistik :
1. Statistik Dasar
2. Statistik Sektoral
3. Statistik Khusus
2
Jika kegiatan statistik sektoral, apakah mendapatkan rekomendasi kegiatan statistik dari BPS?
1. Ya
2. Tidak
Jika “Ya”, Identitas Rekomendasi: V-22.1906.019
1
I. PENYELENGGARA
1.1. Instansi Penyelenggara:
Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan Kabupaten Belitung TImur
1.2. Alamat Lengkap Instansi Penyelenggara:
Telepon :
07199220031
Faksimile :
0719
Email :
dpmptspp@belitungtimurkab.go.id
II. PENANGGUNG JAWAB
2.1. Unit Eselon Penanggung Jawab:
Eselon II :
Kepala Dinas
Eselon III :
Kepala Bidang Pelayanan Perizinan
2.2. Penanggung Jawab Teknis (setingkat Eselon 3):
Jabatan :
Kepala Dinas
Alamat :
Manggar
Telepon :
07199220031
Faksimile :
0719
Email :
dpmptspp@belitungtimurkab.go.id
III. PERENCANAAN DAN PERSIAPAN
3.1. Latar Belakang Kegiatan:
Kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur dilatarbelakangi oleh amanah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 14 Tahun 2017 tentang tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Pasal 1 ayat (1) bahwa "Penyelenggara pelayanan publik wajib melakukan Survei Kepuasan Masyarakat secara berkala minimal 1 (satu) kali setahun.", dan ayat (2) bahwa "Survei dilakukan untuk memperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat" . 

Semua layanan yang diberikan oleh pemda Belitung Timur kepada masyarakat perlu diketahui kualitasnya agar dapat dievaluasi dan menjadi bahan perbaikan setiap tahunnya. Untuk mengetahui kualitas penyelenggeraan layanan perpustakaan oleh pemda Belitung Timur melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan Kabupaten Belitung TImur , diperlukan suatu ukuran kuantitatif Pelayanan Perizinan, sehingga perlu disusun indeks yang menggambarkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap perpustakaan di Kabupaten Belitung Timur.
3.2. Tujuan Kegiatan:
Untuk mengetahui dan mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan di DPMPTSPP Kabupaten Belitung Timur
3.3. Rencana Jadwal Kegiatan:
# Awal
(tgl/bln/thn)
s/d Akhir
(tgl/bln/thn)
PERENCANAAN
1. Perencanaan Kegiatan
05 Januari 2022 s.d 07 Januari 2022
2. Desain
05 Januari 2022 s.d 07 Januari 2022
PENGUMPULAN
3. Pengumpulan Data
12 Oktober 2022 s.d 19 Oktober 2022
PEMERIKSAAN
4. Pengolahan Data
20 Oktober 2020 s.d 26 Oktober 2022
5. Analisis
27 Oktober 2022 s.d 31 Oktober 2022
PENYEBARLUASAN
6. Diseminasi Hasil
01 November 2022 s.d 04 November 2022
7. Evaluasi
07 November 2022 s.d 06 Maret 2023
3.4. Variabel (Karakteristik) yang Dikumpulkan:
No. Nama Variabel
(Karakteristik)
Konsep Definisi Referensi Waktu
(Periode Enumerasi)
1. Kepuasan Publik Terhadap Persyaratan Terhadap Pelayanan Perizinan Kepuasan Publik Terhadap Persyaratan Kepuasan Publik Terhadap Persyaratan Terhadap Pelayanan Perizinan 6 Bulan
2. Kepuasan Publik Terhadap Prosedur Layanan Perizinan Kepuasan Publik Terhadap Prosedur Kepuasan Publik Terhadap Prosedur Layanan Perizinan 6 Bulan
3. Kepuasan Publik Terhadap Waktu Pelayanan Layanan Perizinan Kepuasan Publik Terhadap Waktu Pelayanan Kepuasan Publik Terhadap Waktu Pelayanan Layanan Perizinan 6 Bulan
4. Kepuasan Publik Terhadap Biaya/Tarif Pelayanan Layanan Perizinan Kepuasan Publik Terhadap Biaya/Tarif Pelayanan Kepuasan Publik Terhadap Biaya/Tarif Pelayanan Layanan Perizinan 6 Bulan
5. Kepuasan Publik Terhadap Kesesuaian Produk Layanan Perizinan Kepuasan Publik Terhadap Kesesuaian Produk Kepuasan Publik Terhadap Kesesuaian Produk Layanan Perizinan 6 Bulan
6. Kepuasan Publik Terhadap Kompetensi/Kemampuan Petugas Layanan Perizinan Kepuasan Publik Terhadap Kompetensi/Kemampuan Petugas Kepuasan Publik Terhadap Kompetensi/Kemampuan Petugas Layanan Perizinan 6 Bulan
7. Kepuasan Publik Terhadap Kesopanan dan Keramahan Petugas Layanan Perizinan Kepuasan Publik Terhadap Kesopanan dan Keramahan Petugas Kepuasan Publik Terhadap Kesopanan dan Keramahan Petugas Layanan Perizinan 6 Bulan
8. Kepuasan Publik Terhadap Kualitas Sarana dan Prasarana Layanan Perizinan Kepuasan Publik Terhadap Kualitas Sarana dan Prasarana Kepuasan Publik Terhadap Kualitas Sarana dan Prasarana Layanan Perizinan 6 Bulan
9. Kepuasan Publik Terhadap Penanganan Pengaduan Layanan Perizinan Kepuasan Publik Terhadap Penanganan Pengaduan Kepuasan Publik Terhadap Penanganan Pengaduan Layanan Perizinan 6 Bulan
IV. DESAIN KEGIATAN
4.1. Kegiatan ini dilakukan:
1. Hanya sekali --> langsung ke R.4.3
2. Berulang
2
4.2. Jika “berulang” (R.4.1. berkode 2), Frekuensi Penyelenggaraan:
1. Harian
2. Mingguan
3. Bulanan
4. Triwulan
5. Empat Bulanan
6. Semesteran
7. Tahunan
8. 2 Tahunan
7
4.3. Tipe Pengumpulan Data:
1. Longitudinal Panel
2. Cross Sectional
3. Longitudinal Cross Sectional
2
4.4. Cakupan Wilayah Pengumpulan Data:
1. Seluruh Wilayah Indonesia langsung ke R.4.6
2. Sebagian Wilayah Indonesia
2
4.5. Jika “sebagian wilayah Indonesia” (R.4.4. berkode 2), Wilayah Kegiatan:
No. Provinsi Kabupaten/Kota
1. BANGKA BELITUNG KABUPATEN BELITUNG TIMUR
KABUPATEN BEL
4.6. Metode Pengumpulan Data:
Wawancara 1
Mengisi kuesioner sendiri (swacacah) 2
Pengamatan (observasi) 4
Pengumpulan data sekunder 8
Lainnya (sebutkan) 16
2
4.7. Sarana Pengumpulan Data:
Pencil-and-Paper Interviewing (PAPI) 1
Computer-assisted Personal Interviewing (CAPI) 2
Computer-assisted Telephones Interviewing (CATI) 4
Computer Aided Web Interviewing (CAWI) 8
Mail 16
Lainnya (sebutkan) 32
4
4.8. Unit Pengumpulan Data:
Individu 1
Rumah tangga 2
Usaha/perusahaan 4
Lainnya (sebutkan) 8
Daftar individu penerima pelayanan perizinan
8
V. DESAIN SAMPEL
Diisi jika cara pengumpulan data adalah survei
5.1. Jenis Rancangan Sampel:
1. Single Stage/Phase
2. Multi Stage/Phase
1
5.2. Metode Pemilihan Sampel Tahap Terakhir:
1. Sampel Probabilitas langsung ke R.5.3.a
2. Sampel Nonprobabilitas langsung ke R.5.3.b
1
5.3.a. Jika “sampel probabilitas” (R.5.2. berkode 1), Metode yang Digunakan:
1. Simple Random Sampling
2. Systematic Random Sampling
3. Stratified Random Sampling
4. Cluster Sampling
5. Probability Proportional to Size Sampling
1
5.3.b. Jika “sampel non probabilitas” (R.5.2. berkode 2), Metode yang Digunakan:
6. Quota Sampling
7. Accidental Sampling
8. Purposive Sampling
9. Snowball Sampling
10. Saturation Sampling
5.4. Kerangka Sampel Tahap Terakhir:
1. List Frame
2. Area Frame
1
5.5. Fraksi Sampel Keseluruhan:
n/N = 196/400
5.6. Nilai Perkiraan Sampling Error Variabel Utama:
5%
5.7. Unit Sampel:
Daftar individu penerima pelayanan perizinan
5.8. Unit Observasi:
Individu penerima pelayanan perizinan
VI. PENGUMPULAN DATA
6.1. Apakah Melakukan Uji Coba (Pilot Survey)?
1. Ya
2. Tidak
2
6.2. Metode Pemeriksaan Kualitas Pengumpulan Data:
Kunjungan kembali (revisit) 1
Supervisi 2
Task Force 4
Lainnya (sebutkan) 8
2
6.3. Apakah Melakukan Penyesuaian Nonrespon?:
1. Ya
2. Tidak
2
Pertanyaan 6.4 – 6.7 ditanyakan jika sarana pengumpulan data adalah PAPI, CAPI, atau CATI
(Pilihan R.4.7. kode 1, 2, dan/atau 4 dilingkari)
6.4. Petugas Pengumpulan Data:
1. Staf instansi penyelenggara
2. Mitra/tenaga kontrak
3. Staf instansi penyelenggara dan mitra/tenaga kontrak
1
6.5. Persyaratan Pendidikan Terendah Petugas Pengumpulan Data:
1. ≤ SMP
2. SMA/SMK
3. Diploma I/II/III
4. Diploma IV/S1/S2/S3
2
6.6. Jumlah Petugas:
Supervisor/penyelia/pengawas
1
Orang
Pengumpul data/enumerator
4
Orang
VII. PENGOLAHAN DAN ANALISIS
7.1. Tahapan Pengolahan Data:
Penyuntingan (Editing)
1. Ya
2. Tidak
1
Penyandian (Coding)
1. Ya
2. Tidak
1
Data Entry
1. Ya
2. Tidak
1
Penyahihan (Validasi)
1. Ya
2. Tidak
1
7.2. Metode Analisis:
1. Deskriptif
2. Inferensia
3. Deskriptif dan Inferensia

Metode analisis hasil survei menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengukuran menggunakan Skala Likert. Skala Likert adalah suatu skala psikometrik yang umum digunakan dalam kuesioner yang dikembangkan oleh Rensis Likert, yang dipergunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang terhadap suatu jenis layanan publik. Pada skala Likert responden diminta untuk menentukan tingkat persetujuan mereka terhadap suatu pernyataan dengan memilih salah satu dari pilihan yang tersedia.

1
7.3. Unit Analisis:
Individu 1
Rumah tangga 2
Usaha/perusahaan 4
Lainnya (sebutkan) 8
Daftar individu penerima pelayanan perizinan
8
7.4. Tingkat Penyajian Hasil Analisis:
Nasional 1
Provinsi 2
Kabupaten/Kota 4
Kecamatan 8
Lainnya (sebutkan) 16
4
VIII. DISEMINASI HASIL
8.1. Produk Kegiatan yang Tersedia untuk Umum:
Tercetak (hardcopy)
1. Ya
2. Tidak
1
Digital (softcopy)
1. Ya
2. Tidak
1
Data Mikro
1. Ya
2. Tidak
1
8.2 Jika pilihan R.8.1. kode 1, Judul dan Rencana Rilis Produk Kegiatan:
Jenis Diseminasi Rencana Rilis
Tanggal Bulan Tahun
Tercetak 07 11 2022
Digital 07 11 2022
Data Mikro 07 11 2022
Materi (file)
# Uraian File Keterangan
Materi (link/url)
# Uraian Url Keterangan
1 Kuesioner Online https://survei.beltim.go.id/view/SKM2210255429 Link untuk isi survei online
Hasil (file)
# Uraian File Keterangan
Hasil (link/url)
# Uraian Url Keterangan
1 Hasil Survei 2022 https://survei.beltim.go.id/detail/SKM2210255429 Nilai IKM, Nilai Unsur Layanan, Profil Responden, Publikasi