Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Jasa Pelayanan Persampahan Kabupaten Belitung Timur
Tahun Kegiatan :

2022

Instansi
Dinas Lingkungan Hidup Kab. Belitung Timur
Unit kerja
Bidang Persampahan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan
Sektor Kegiatan
Sektor Publik, Perpajakan, dan Regulasi Pasar
Metadata
Judul Kegiatan :
Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Jasa Pelayanan Persampahan Kabupaten Belitung Timur
Tahun
2022
Kode Kegiatan (diisi oleh petugas) :
V-22.1906.003
Cara Pengumpulan Data :
1. Pencacahan Lengkap
2. Survei
3. Kompilasi Produk Administrasi
4. Cara lain sesuai dengan perkembangan TI
2
Sektor Pengumpulan Data :
1. Pertanian dan Perikanan
2. Demografi dan Kependudukan
3. Pembangunan
4. Proyeksi Ekonomi
5. Pendidikan dan Pelatihan
6. Lingkungan
7. Keuangan
8. Globalisasi
9. Kesehatan
10. Industri dan Jasa
11. Teknologi Informasi dan Komunikasi
12. Perdagangan Internasional dan Neraca Perdagangan
13. Ketenagakerjaan
14. Neraca Nasional
15. Indikator Ekonomi Bulanan
16. Produktivitas
17. Harga dan Paritas Daya Beli
18. Sektor Publik, Perpajakan, dan Regulasi Pasar
19. Perwilayahan dan Perkotaan
20. Ilmu Pengetahuan dan Hak Paten
21. Perlindungan Sosial dan Kesejahteraan
22. Transportasi
18
Jenis Kegiatan Statistik :
1. Statistik Dasar
2. Statistik Sektoral
3. Statistik Khusus
2
Jika kegiatan statistik sektoral, apakah mendapatkan rekomendasi kegiatan statistik dari BPS?
1. Ya
2. Tidak
Jika “Ya”, Identitas Rekomendasi: V-22.1906.003
1
I. PENYELENGGARA
1.1. Instansi Penyelenggara:
DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BELITUNG TIMUR
1.2. Alamat Lengkap Instansi Penyelenggara:
Telepon :
071992200007
Faksimile :
071992200008
Email :
dlh@belitungtimurkab.go.id
II. PENANGGUNG JAWAB
2.1. Unit Eselon Penanggung Jawab:
Eselon II :
Kepala Dinas Lingkungan Hidup
Eselon III :
Kepala Bidang Persampahan Dan Peningkatan Kualitas Lingkungan
2.2. Penanggung Jawab Teknis (setingkat Eselon 3):
Jabatan :
Kepala Bidang Persampahan Dan Peningkatan Kualitas Lingkungan
Alamat :
Kompleks Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Jl. Raya Manggar – Gantung, Dusun
Telepon :
082182446693
Faksimile :
071992200008
Email :
dlh@belitungtimurkab.go.id
III. PERENCANAAN DAN PERSIAPAN
3.1. Latar Belakang Kegiatan:
Kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur dilatarbelakangi oleh amanah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 14 Tahun 2017 tentang tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Pasal 1 ayat (1) bahwa "Penyelenggara pelayanan publik wajib melakukan Survei Kepuasan Masyarakat secara berkala minimal 1 (satu) kali setahun.", dan ayat (2) bahwa "Survei dilakukan untuk memperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat" . 

Semua layanan yang diberikan oleh pemda Belitung Timur kepada masyarakat perlu diketahui kualitasnya agar dapat dievaluasi dan menjadi bahan perbaikan setiap tahunnya. Untuk mengetahui kualitas penyelenggeraan layanan persampahan oleh pemda Belitung Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Belitung TImur , diperlukan suatu ukuran kuantitatif Pelayanan Persampahan, sehingga perlu disusun indeks yang menggambarkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan persampahan di Kabupaten Belitung Timur.
3.2. Tujuan Kegiatan:
Untuk memperoleh gambaran secara obyektif mengenai kepuasan masyarakat terhadap layanan persampahan
3.3. Rencana Jadwal Kegiatan:
# Awal
(tgl/bln/thn)
s/d Akhir
(tgl/bln/thn)
PERENCANAAN
1. Perencanaan Kegiatan
03 Januari 2022 s.d 31 Januari 2022
2. Desain
03 Januari 2022 s.d 31 Januari 2022
PENGUMPULAN
3. Pengumpulan Data
09 Mei 2022 s.d 06 Desember 2022
PEMERIKSAAN
4. Pengolahan Data
07 Desember 2022 s.d 17 Desember 2022
5. Analisis
18 Desember 2022 s.d 23 Desember 2022
PENYEBARLUASAN
6. Diseminasi Hasil
26 Desember 2022 s.d 30 Desember 2022
7. Evaluasi
02 Januari 2023 s.d 09 Januari 2023
3.4. Variabel (Karakteristik) yang Dikumpulkan:
No. Nama Variabel
(Karakteristik)
Konsep Definisi Referensi Waktu
(Periode Enumerasi)
1. Kepuasan Publik Terhadap Persyaratan Terhadap Pelayanan Persampahan Kepuasan Publik Terhadap Persyaratan Kepuasan Publik Terhadap Persyaratan Terhadap Pelayanan Persampahan 12 Bulan
2. Kepuasan Publik Terhadap Prosedur Layanan Persampahan Kepuasan Publik Terhadap Prosedur Kepuasan Publik Terhadap Prosedur Layanan Persampahan 12 Bulan
3. Kepuasan Publik Terhadap Waktu Pelayanan Layanan Persampahan Kepuasan Publik Terhadap Waktu Pelayanan Kepuasan Publik Terhadap Waktu Pelayanan Layanan Persampahan 12 Bulan
4. Kepuasan Publik Terhadap Biaya/Tarif Pelayanan Layanan Persampahan Kepuasan Publik Terhadap Biaya/Tarif Pelayanan Kepuasan Publik Terhadap Biaya/Tarif Pelayanan Layanan Persampahan 12 Bulan
5. Kepuasan Publik Terhadap Kesesuaian Produk Layanan Persampahan Kepuasan Publik Terhadap Kesesuaian Produk Kepuasan Publik Terhadap Kesesuaian Produk Layanan Persampahan 12 Bulan
6. Kepuasan Publik Terhadap Kompetensi/Kemampuan Petugas Layanan Persampahan Kepuasan Publik Terhadap Kompetensi/Kemampuan Petugas Kepuasan Publik Terhadap Kompetensi/Kemampuan Petugas Layanan Persampahan 12 Bulan
7. Kepuasan Publik Terhadap Kesopanan dan Keramahan Petugas Layanan Persampahan Kepuasan Publik Terhadap Kesopanan dan Keramahan Petugas Layanan Kepuasan Publik Terhadap Kesopanan dan Keramahan Petugas Layanan Persampahan 12 Bulan
8. Kepuasan Publik Terhadap Kualitas Sarana dan Prasarana Layanan Persampahan Kepuasan Publik Terhadap Kualitas Sarana dan Prasarana Layanan Kepuasan Publik Terhadap Kualitas Sarana dan Prasarana Layanan Persampahan 12 Bulan
9. Kepuasan Publik Terhadap Penanganan Pengaduan Layanan Persampahan Kepuasan Publik Terhadap Penanganan Pengaduan Layanan Kepuasan Publik Terhadap Penanganan Pengaduan Layanan Persampahan 12 Bulan
IV. DESAIN KEGIATAN
4.1. Kegiatan ini dilakukan:
1. Hanya sekali --> langsung ke R.4.3
2. Berulang
2
4.2. Jika “berulang” (R.4.1. berkode 2), Frekuensi Penyelenggaraan:
1. Harian
2. Mingguan
3. Bulanan
4. Triwulan
5. Empat Bulanan
6. Semesteran
7. Tahunan
8. 2 Tahunan
7
4.3. Tipe Pengumpulan Data:
1. Longitudinal Panel
2. Cross Sectional
3. Longitudinal Cross Sectional
2
4.4. Cakupan Wilayah Pengumpulan Data:
1. Seluruh Wilayah Indonesia langsung ke R.4.6
2. Sebagian Wilayah Indonesia
2
4.5. Jika “sebagian wilayah Indonesia” (R.4.4. berkode 2), Wilayah Kegiatan:
No. Provinsi Kabupaten/Kota
1. BANGKA BELITUNG KABUPATEN BELITUNG TIMUR
Mencakup seluruh wilayah Kabupaten Belitung Timur 
4.6. Metode Pengumpulan Data:
Wawancara 1
Mengisi kuesioner sendiri (swacacah) 2
Pengamatan (observasi) 4
Pengumpulan data sekunder 8
Lainnya (sebutkan) 16
2
4.7. Sarana Pengumpulan Data:
Pencil-and-Paper Interviewing (PAPI) 1
Computer-assisted Personal Interviewing (CAPI) 2
Computer-assisted Telephones Interviewing (CATI) 4
Computer Aided Web Interviewing (CAWI) 8
Mail 16
Lainnya (sebutkan) 32
8
4.8. Unit Pengumpulan Data:
Individu 1
Rumah tangga 2
Usaha/perusahaan 4
Lainnya (sebutkan) 8
7
V. DESAIN SAMPEL
Diisi jika cara pengumpulan data adalah survei
5.1. Jenis Rancangan Sampel:
1. Single Stage/Phase
2. Multi Stage/Phase
1
5.2. Metode Pemilihan Sampel Tahap Terakhir:
1. Sampel Probabilitas langsung ke R.5.3.a
2. Sampel Nonprobabilitas langsung ke R.5.3.b
1
5.3.a. Jika “sampel probabilitas” (R.5.2. berkode 1), Metode yang Digunakan:
1. Simple Random Sampling
2. Systematic Random Sampling
3. Stratified Random Sampling
4. Cluster Sampling
5. Probability Proportional to Size Sampling
1
5.3.b. Jika “sampel non probabilitas” (R.5.2. berkode 2), Metode yang Digunakan:
6. Quota Sampling
7. Accidental Sampling
8. Purposive Sampling
9. Snowball Sampling
10. Saturation Sampling
5.4. Kerangka Sampel Tahap Terakhir:
1. List Frame
2. Area Frame
1
5.5. Fraksi Sampel Keseluruhan:
(n/N) = 341/3000
5.6. Nilai Perkiraan Sampling Error Variabel Utama:
5%
5.7. Unit Sampel:
Rumah Tangga, Sejenis Rumah Tangga, Industri, Fasilitas Umum
5.8. Unit Observasi:
Rumah Tangga, Sejenis Rumah Tangga, Industri, Fasilitas Umum
VI. PENGUMPULAN DATA
6.1. Apakah Melakukan Uji Coba (Pilot Survey)?
1. Ya
2. Tidak
2
6.2. Metode Pemeriksaan Kualitas Pengumpulan Data:
Kunjungan kembali (revisit) 1
Supervisi 2
Task Force 4
Lainnya (sebutkan) 8
2
6.3. Apakah Melakukan Penyesuaian Nonrespon?:
1. Ya
2. Tidak
2
Pertanyaan 6.4 – 6.7 ditanyakan jika sarana pengumpulan data adalah PAPI, CAPI, atau CATI
(Pilihan R.4.7. kode 1, 2, dan/atau 4 dilingkari)
6.4. Petugas Pengumpulan Data:
1. Staf instansi penyelenggara
2. Mitra/tenaga kontrak
3. Staf instansi penyelenggara dan mitra/tenaga kontrak
1
6.5. Persyaratan Pendidikan Terendah Petugas Pengumpulan Data:
1. ≤ SMP
2. SMA/SMK
3. Diploma I/II/III
4. Diploma IV/S1/S2/S3
2
6.6. Jumlah Petugas:
Supervisor/penyelia/pengawas
1
Orang
Pengumpul data/enumerator
1
Orang
VII. PENGOLAHAN DAN ANALISIS
7.1. Tahapan Pengolahan Data:
Penyuntingan (Editing)
1. Ya
2. Tidak
1
Penyandian (Coding)
1. Ya
2. Tidak
1
Data Entry
1. Ya
2. Tidak
1
Penyahihan (Validasi)
1. Ya
2. Tidak
1
7.2. Metode Analisis:
1. Deskriptif
2. Inferensia
3. Deskriptif dan Inferensia

Analisis deskriptif adalah sejenis penelitian data yang membantu dalam menggambarkan, mendemonstrasikan, atau membantu meringkas poin-poin data sehingga pola-pola itu dapat berkembang yang memenuhi semua kondisi data.

1
7.3. Unit Analisis:
Individu 1
Rumah tangga 2
Usaha/perusahaan 4
Lainnya (sebutkan) 8
7
7.4. Tingkat Penyajian Hasil Analisis:
Nasional 1
Provinsi 2
Kabupaten/Kota 4
Kecamatan 8
Lainnya (sebutkan) 16
4
VIII. DISEMINASI HASIL
8.1. Produk Kegiatan yang Tersedia untuk Umum:
Tercetak (hardcopy)
1. Ya
2. Tidak
2
Digital (softcopy)
1. Ya
2. Tidak
2
Data Mikro
1. Ya
2. Tidak
1
8.2 Jika pilihan R.8.1. kode 1, Judul dan Rencana Rilis Produk Kegiatan:
Jenis Diseminasi Rencana Rilis
Tanggal Bulan Tahun
Tercetak 00 00 0000
Digital 00 00 0000
Data Mikro 31 12 2022
Materi (file)
# Uraian File Keterangan
Materi (link/url)
# Uraian Url Keterangan
Hasil (file)
# Uraian File Keterangan
Hasil (link/url)
# Uraian Url Keterangan